Seputar kota SOLO On Line

Alat Musik cak dan Cuk merupakan salah satu ukulele pelengkap dalam Keroncong. Bentuk fisik Cak dan Cuk ini berbeda. Perbedaan yang palinbg terlihat adalah ketebalan, Lubang resonansi dan Senar ( dawai) yang dipakai. Cak lebih tipis dibandingkan dengan Cuk. Untuk jumlah senar cak ada 4 buah ( senar no 3 dan 4 bernada sama) sedangkan Cuk ada 3 buah. Namun demikian meskipun jumlah senar dalam Cak ada 4, tetap dianggap satu buah.

Cak dan Cuk buatanku






Cak dan Cuk yang baru sampai di Belanda


Ternyata, Cak dan cuk ini tidak hanya dimainkan di Indonesia ( terutama jawa tengah), namun alat musik ini ternyata juga sudah familiar di Luar negeri. Salah satunya adalah negeri belanda.
Beberapa saat yang lalu saya mendapatkan pesanan dari salah satu warga belanda ( Mr Henny de Bruin) untuk membuat alat musik ini yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu koleksi pribadinya. Beliau merupakan salah satu kolektor alat musik "petik" dari seluruh dunia dan membuat suatu ensiklopedia tentang alat-alat musik yang dipetik ( http://www.atlasofpluckedinstruments.com)


Mr Henny De Bruin dengan koleksi cak - cuk buatanku




Diposting oleh G n A Production Label:

0 komentar:

Visit the Site
MARVEL and SPIDER-MAN: TM & 2007 Marvel Characters, Inc. Motion Picture © 2007 Columbia Pictures Industries, Inc. All Rights Reserved. 2007 Sony Pictures Digital Inc. All rights reserved. G and A production by steven aries hendrayana putra